Diposkan pada Catatan Sebuah Perjalanan, TPN2017, Volunteering

Perjalanan Taat Tanpa Pecut (I)

Teringat saat kecil, beberapa teman sebaya harus pulang ke rumah sebelum matahari terbenam dengan kesadaran sendiri, dengan teriakan Ibu Ayah atau dengan tarikan atau jeweran. Aku pun pernah mengalaminya, pergi main ke TK di depan rumah dengan menaiki tiang listrik, bermain bola di lapangan dengan teman-teman (karena teman bermainku lebih banyak lelaki) dan pulang harus menunggu Bapak (bukan dipanggil tetapi karena tidak bisa turun dari tiang listrik).

Atau saat sekolah, aku dan mungkin juga beberapa orang lainnya pernah mengalami membenci satu mata pelajaran karena hukuman yang diberikan malah membuat kami meremehkan pelajaran tersebut atau malah merasa senang karena hukuman hanya sebatas berdiri di depan kelas, lari di lapangan atau di pecut dengan kemoceng atau sapu.

Disiplin itu apa ya? Peraturan yang dibuat tanpa melibatkan lalu harus mengikutinya? Aku tidak bisa ternyata mengikuti disiplin tanpa ada alasan logis dan terus terjadi menjadi seorang penabrak aturan. Lanjutkan membaca “Perjalanan Taat Tanpa Pecut (I)” →

Iklan
Diposkan pada Volunteering

Sriwijaya TV: Ruang Berbagi Ilmu

IMG_0693

Ruang Berbagi Ilmu, ini cerita tentang dibalik layar saat aku dan kedua temanku akan cuap-cuap tentang RuBI di Sriwijaya TV Palembang. Hari itu, aku harus menegak perjalanan pulang pergi 180 kilometer karena janji sudah terlanjur dibuat. Kami bercerita tentang bagaimana pengalaman menjadi relawan RuBI dan tentunya memberi tahu bagaimana cara menjadi Relawan RuBI. Ah, terima kasih ya untuk kesempatannya nongol di tv dan berbagi informasi tentang Ruang Berbagi Ilmu! Meski pun bukan yang pertama kali di depan layar tapi ini kali pertamaku diwawancarai. Lanjutkan membaca “Sriwijaya TV: Ruang Berbagi Ilmu” →

Diposkan pada Volunteering

Lentera Sekolah: Kelas Profesi

1704

Setelah dengan durasi lima hari, aku hanya bisa bertegur sapa dengan sedikit orang, dua hari liburku harusku manfaatkan. Sabtu itu, aku berkunjung ke SD N 36 Palembang. Disambut hangat dengan warga sekitar, ia aku melalui jalan yang hanya cukup dilalui satu orang, oh mungkin karena ukuranku terlalu besar. Haha 😀 Lanjutkan membaca “Lentera Sekolah: Kelas Profesi” →

Diposkan pada Volunteering

Donor Kehidupan

IMG_9352

Akhirnya, hari itu terjadi setelah berkali-kali mengalami penolakan karena tensi rendah. Sempat terkotakan dipikiran bahwa donor darah adalah hal paling mengerikan. Mendengar siulan bahwa jarumnya sangat besar, darah yang mengalir akan sangat terasa, bekas biru di tangan dan lain sebagainya.

Terbukti, semua siulan itu SALAH! Semuanya berjalan hikmat dan singkat! Bahkan ketagihan. Yuk, donor darahmu sama dengan mendonor kehidupan bagi yang lainnya!

Diposkan pada Catatan Sebuah Perjalanan, Volunteering

#Tantangan17anIM Terpenuhi!

1663
Menjawab #Tantangan17anIM atas donasi yang telah berhasil dicapai karena berhasil menggalang dana dari orang-orang baik dengan ngamen di Kambang Iwak. Ngamen dengan memakai baju adat Palembang. Haduh! Serius deh, sebenernya agak gak punya nyali dan takut diketawain orang apalagi pasti rame banget dan aku akan menjadi seseorang yang mencolok disana.

1892

Berbekal dengan janji, aku akan memenuhinya. Lagian, jadi beda itu asik kok! Aku bakal diketawain? Yaudah gpp, kan mereka belum tahu aku ngelakuinnya kenapa. Nanti pasti mereka bertanya, aku ngapain sih! Kebetulan momennya pas dengan CFD Ruang Berbagi Ilmu serentak di 4 kota dan juga donasi Sedekah Buku Indonesia. Lumayan, ada teman-teman tempat ngomel kalo dilirikin tajam sama pengunjung.

1966
Ng-dangdut bareng Satpol PP Palembang! Duh, yaudah pokoknya bayar utang lo Mahayu!
1894
Request dangdutan bareng sama anak-anak IDS! Petjah!!!
1876
Taraaaaa! Ketemu pasangan idola, salah satu dirut bank di Sumsel. Hai Om dan Tante. Mereka agak surprise dengan fashion hari itu, HAHA!

Conclusion is jangan takut untuk terlihat beda selama beda itu untuk kebaikan. Duh, kalo dibilang urat malu udah putus ya salah banget! Bahkan setelah memnuhi tantangan, aku jadi agak malu untuk buka folder foto atau bahkan untuk menguploadnya pun aku belum sanggup tetapi karena sudah beberapa bulan, ya aku posting disini. HAHA! Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mau berdonasi melalui aku untuk anak-anak di Dama Beuleun, Aceh Utara!

Diposkan pada Catatan Sebuah Perjalanan, Volunteering

SBI: The Power Of Being Volunteer

1466

The power of being volunteer is connecting other people! Notifikasi di grup relawanku saat itu seperti ini, “Kalian tahu gak sekolah mana yang layak dapat donasi buku? Temenku ada yang mau ke Palembang nih buat kasih donasi buku, ucap Asep.” Aku pun langsung japri, aku mau donk kang buat sekolah penempatan anak-anak Pengajar Muda, mereka masih kekurangan sumber belajar dan bacaan nih. Saat itu juga kontakku diberikan kepada foundernya, Teh Ugha (tapi belum keep in touch dan aku pun belum tahu namanya saat itu). Lanjutkan membaca “SBI: The Power Of Being Volunteer” →

Diposkan pada Catatan Sebuah Perjalanan, Volunteering

I-CAMP 1.0

1587

Inspiring Camp adalah salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh Pelari Terakhir Pengajar Muda XII Musi Banyuasin dan Muara Enim dari Indonesia Mengajar untuk para penggerak komunitas yang berasal dari Palembang, Musi Banyuasin dan juga Muara Enim selama satu hari yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2016 di SMAN Sumatera Selatan. Tiga orang dari tiap komunitas wajib memenuhi undangan (udah diundang ya wajib dateng). Kali ini, aku,harry dan juga mele mewakili Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin. Lanjutkan membaca “I-CAMP 1.0” →

Diposkan pada Catatan Sebuah Perjalanan, Volunteering

Ruang Berbagi Ilmu Makassar 2016

2882

Halo, mau cerita tentang Ruang Berbagi Ilmu, LAGI. Tapi kali ini bercerita sebagai salah satu narasumber bukan panitia pusat atau lokal. Yap, keputusan untuk mendaftarkan diri sebagai relawan narasumber adalah keputusan cukup besar yang aku ambil di warsa 2016. Aku sudah pernah menjadi panitia pusat RuBI dan juga panitia lokal RuBI di Musi Banyuasin di semester pertama dan juga sedang mengemban amanah sebagai wali kelas sosialisasi semester dua 2016 (divisi langgananku). Lanjutkan membaca “Ruang Berbagi Ilmu Makassar 2016” →