Meraba Arah di Arah Langkah

Merayakan setahun buku Arah Langkah - Fiersa Besari sekaligus mengingatkan bahwa langkahmu jangan terhenti hanya karena harga tiket pesawat sedang melambung tinggi, masih banyak cara lain menuju tempat terindah di Indonesia. Arah Langkah adalah perjalanan indah tanpa biaya mewah. Menjajaki indahnya Indonesia, tidak hanya tentang alam tapi juga dengan orang Indonesia yang dikenal ramah tamahnya. …

Iklan

Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera!

Saat mendapati bahwa akan bertugas di Pesisir Selatan, saya hanya bersiap untuk makan tidak untuk berwisata. Ternyata, pesona wisata air Pesisir Selatan tak kalah dengan masakan khasnya! Jadi kalau ke Pesisir Selatan mau kemana saja? Mau ngapain aja? Simak cerita berikut ini ya! Perjalanan dari Bandara Minangkabau menuju Painan, Pesisir Selatan dapat ditempuh dalam kurun …

Kuliner-an di Ranah Minang

Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang saya kagumkan sedari kenal dengan rendang, dendeng balado dan asam pade. Ditambah juga kearifan lokal masyarakat. Tahun 2018, akhirnya saya bisa mencicipi beberapa makanan khas yang berada di Padang dan Pesisir Selatan bersama teman-teman saat bertugas disana! Rumah Makan Gulai Ikan Karang Pak Malin Saat mendarat telah dekat, …

Cinta Terbit di Jakarta

Aku senang dengan kepindahanku kali ini meski bukan di Jakarta, namun kota yang ku tinggali sangat menyenangkan juga menenangkan. Hal penting kotaku sekarang tidak bising, kalau mau ke Jakarta aku tak perlu bersusah untuk menunggu jadwal yang tepat. Beberapa kali aku mengeluh tentang sesaknya transportasi umum menuju Jakarta, ya tentang menghadiri rapat atau menambah kolega, …

Dengan atau Tanpa

Sudah enam bulan, masih mimpi bisa berada di zona yang membuat saya gak nyaman untuk gak berkembang, Kampus Guru Cikal yang membuat saya berdampingan dengan Komunitas Guru Belajar. Saat itu, saya mencoba untuk berkenalan dengan penggerak atau anggota di 145 KGB melalui chat. Ada yang menyambut dengan ceria atau ada juga yang biasa-biasa saja, apa …

Like Earth

Tulisan ini dibuat disela smarthphone jam pasir, duduk dihadapan laptop sambil mikir kenapa Band di depan ini lagunya bikin nyes, ya sama setelah saya lihat 110 tulisan TERHAPUS DI BLOG! Taraaaaaaaaa!  Akhirnya ke Sukabumi, terakhir kapan ya? Waktu masih cilik pas diajak kesini sama Bapak dan Ibu ya lupa deh. Hari ini berkesempatan ke Sukabumi …

Perjalanan Taat Tanpa Pecut (I)

Teringat saat kecil, beberapa teman sebaya harus pulang ke rumah sebelum matahari terbenam dengan kesadaran sendiri, dengan teriakan Ibu Ayah atau dengan tarikan atau jeweran. Aku pun pernah mengalaminya, pergi main ke TK di depan rumah dengan menaiki tiang listrik, bermain bola di lapangan dengan teman-teman (karena teman bermainku lebih banyak lelaki) dan pulang harus …