Rekomendasi Podcast Indonesia untuk #dirumahaja

Sejenak, hujan turun di kota kelahiranku. Kata Tuhanku, ini salah satu waktu agar doa diijabah, aku berdoa agar Indonesia segera pulih dari Covid. Pemimpin kuat, petugas medis hebat dan masyarakat sekali ini saja menurut untuk #dirumahaja. Aamiin.

Banyak cara yang bisa kita lakukan mengisi hari-hari #dirumahaja salah satunya upgrade pengetahuan melalui podcast. Jadi sebelum aku kasih rekomendasi, menurut Wikipedia Podcast atau Siniar (bahasa Inggris: podcast) atau siaran web tan-alir (non-streaming webcast) adalah serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed).

Aku sendiri mulai intens mendengar podcast sejak 2016, podcast bawaan dari gawai yang aku punya iphone. Nah, beberapa tahun belakangan ini anchor podcast sudah mulai banyak banget perkembangannya, dari perusahaan besar, organisasi berkembang sampai individu mulai mengudara di podcast, temanya bermacam-macam, dari yang serius mikirin negara sampai bikin ngakak guling-guling juga ada.

Berikut aku share beberapa Anchor Podcast Indonesia yang sering aku dengerin ya:

  1. Curhat Babu, curhatnya Bapak Ibu

photo6316712259287624324

Im in love with Ario and Nucha, mereka pasangan idola menurut saya. Podcast ini menyajikan pandangan dari suami dan istri, cerita ringan perjalanan sehari-hari yang dibuat bermakna, kadang mereka bercerita tentang isu yang lagi dibahas, kadang bercerita tentang perkembangan anak di rumah dan kadang juga mengundang expert untuk membahas topik-topik tertentu. Banyak belajar dari cerita mereka, yang mau nikah, sini gih dengerin ini biar tahu dan paham bahwa menikah tidak cuma tentang cinta-cintaan saja. Kalau aku dengarnya dari aplikasi Podcast milik iphone.

2. Thirty Days of Lunch

photo6316321047896500667

Mendengarkan dari season 1 sampai sekarang season 2, duo lelaki ini duet maut sih setiap bawain podcast, Ruby dan Ario mengundang berbagai orang dari berbagai latar belakang buat berbagi sudut pandang! PETJAH sih buat aku, sampai masa menunggu season 1 ke 2, aku sampai sebel karena sangking lamanya. Topik paling aku suka waktu mereka membahas tentang Seni Ngetawain Hidup dan Staying Sane in Chaos. Aku masih mendengarkan dari aplikasi Podcast milik iphone ya, setahuku ini bisa juga diakses via spotify.

3. Cerita Cinta – Keluarga Kita

photo6316712259287624326

Kamu keluarga siapa? Keluarga Kita. Aku jatuh cinta banget sama Keluarga Kita sejak 2016. Mulai dari sosial media sampai buku dan baru banget ada di Spotify, salah satu kiblat buat mengedukasi diri sebagai orang yang memutuskan untuk menikah dan memiliki anak, Keluarga Kita kaya konten dan juga ternyata punya komunitas buat orangtua juga loh, namanya Rangkul! Asik, aku mau juga donk di-Rangkul 😀 Podcast ini membuat saya yakin bahwa tidak ada keluarga sempurna, yang ada keluarga yang mencintai lebih baik dan belajar sepanjang hayat.

4. MengAnalisa

photo6316321047896500671

MengAnalisa oleh Analisa Widyaningrum yang akrab disapa Mba Ana, kebetulan aku sempat mengisi event bareng Mba Ana. Jujur deh, aku kagum sama cekatannya Mba Ana, beliau Psikolog di salah satu rumah sakit di Yogya, punya APDC juga, spokeperson Wardah dan beberapa label dan mobilitas tingginya, dia berbagi peran sama suami untuk bertumbuh sama anak-anaknya. Podcastnya banyak bahas isu tentang kehidupan, maksudnya ini tepat didengar buat yang sedang beranjak remaja dan kalau sedang merasa kehidupan ini berat, bisa kesini. Suara mba Ana mampu membawa perasaan kita, dari nangis ke kuat, dari bahagia ke bersyukur.

5. Diskartes

photo6316321047896500672

Diskartes memang namanya, akrab dipanggil Kakanda. Kalau mau paham tentang finansial belajar disini deh, aku merasa tidak terbodohi sama kakanda dan booster banget buat melek finansial. Dari banyak finansial planner, Diskartes mengedukasi dengan personalisasi, tidak menyamaratakan. Ngomongin finansial kan tabu banget, lebih tabu dari ngomongin seks ya. Kakanda, salah satu yang mengubah hal tabu jadi asik.

Bonus nih, ada juga aplikasi khusus podcast milik Indonesia namanya Inspigo, Inspiration on the go, Mas Yoris Sebastian! Di sini, kalian bebas milih topik apa yang mau didengerin, expert semua yang berbicara atau bahkan kalian akan menemukan sosok inspiratif yang sudah bikin dampak tapi baru denger.

photo6316321047896500668

Sekian rekomendasi podcast Indonesia hari ini, semoga bisa menemani kalian yang #dirumahaja terhibur, terinspirasi untuk mengupgrade diri atau bahkan mau bikin podcast juga. Ada rekomendasi lainnya? Tulis yuk di kolom komentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s