Melawan COVID: Kerja Asyik ala Kampus Guru Cikal

Sebelum membaca tulisan ini, mari kita berdoa agar Indonesia yang kuat segera pulih dari Covid19. Pemimpin kita diberikan kemudahan dan keteguhan hati saat membuat keputusan, teman-teman kita yang suscpect segera sehat kembali dan kita yang sehat mari menjaga diri.

Tulisan kali ini, aku mau berbagi tips gimana kerja asyik selama di rumah buat kita yang biasanya beraktivitas di kantor dan bertemu teman kerja. Jauh sebelum hadirnya Corona, tempatku bekerja bisa menerapkan working from home, bebas sih mau kerja di mana saja, mulai dari rumah, kafe ataupun kanto sesuai dengan kesepakatan dengan Pak Bos. Yuk ah, langsung saja ke beberapa tips Kerja Asyik ala Kampus Guru Cikal.

1. Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi (you sing, you win)

Nah, ada benarnya lirik yang kita nyanyikan saat kita di taman kanak-kanak dulu. Bangun tidur ya mandi atau melakukan aktivitas fisik terlebih dahulu. Kamu bisa grounding 15-30 menit sambil berjemur atau bisa menggunakan beberapa aplikasi yang memandu zumba, yoga atau olahraga lainnya. Karena aktivitas naik turun tangga kantor atau ke ruangan divisi lain tidak kita lakukan setelah bekerja di rumah,  ada baiknya kita tetap menjaga badan agar tetap bergerak dan sehat. Kalau yang single mudah ya, kalau yang sudah punya keluarga, kalian malah bisa bikin aktivitas seru barengan loh!

2. Make your own breakfast!

Saatnya merubah kebiasaan sarapan pagi. Hayo, siapa yang suka skip sarapan? Kalaupun sarapan, tidak menyesuaikan kebutuhan asupannya? Sekarang, kamu punya waktu buat bikin sarapan sendiri, mau dari yang salty atay planty banyak banget pilihannya. Mau cari variasi bisa ke beberapa akun resep di instagram. Banyak banget keuntungan kamu siapin sarapan sendiri, sehat, hemat dan pasti mengasah kemampuan masak, kalau rasa aku tidak bisa menjamin enak, yang penting coba aja dulu 😀

3. Menata Tempat Bekerja 

Buat yang cepat bosan seperti aku, aku mengatur sendiri tempat aku bekerja. Bisa 2 jam di meja dan duduk dengan kursi, bisa duduk lesehan dengan meja atau spot favorit adalah tempat tidur. Aku bermain dengan warna dan motif sprei kamar, aku pasang yang agak cerah agar mendukung suasana untuk bekerja di ruangan yang sepi ini. Kalau buat yang berkeluarga gimana, pastikan dan buat kesepakatan dengan anggota keluarga kalau tempat-tempat ini tuh yang akan kamu gunakan untuk bekerja ya, jangan rebutan 😀

4. Selingi dengan Hobi

Hobiku masak, jadi ya aku mencoba berbagai resep, dari yang favorit sampai ke resep baru, aku coba buat menemani masa social distancingku. Social distancing tapi mendekat ke jarum timbangan yang ke kanan, ke kanan, terus. Aku lakukan ini di jam pagi atau istirahat buat menghibur hati dan juga perut. Aktivitas lainnya, aku nonton film. Film yang aku tonton genrenya masak dan makan. Kalau kalian punya rekomendasi film, boleh banget tulis di komentarku ya!

5. Menjaga Interaksi dengan Manusia

Bagi introvert mungkin ini adalah kegembiraan tiada terkira, tidak menguras energi. Bagi ekstrovert mungkin ini adalah ujian kehidupan, bingung mau kasih energi ke mana. Nah, mau ekstrovert ataupun introvert, kalian tetap harus menjaga interaksi dengan teman-teman ya atau mungkin yang hobi kerja melulu, bisa jadi ini kesempatan untuk mendekati si dia. Bisa mulai tanya apa kabar, ingetin makan atau juga video call bareng.

5 Tips dari aku untuk menjaga kewarasan selama melawan Covid19 dan Kerja Asyik ala Kampus Guru Cikal adalah mengupdate agenda harian di grup tiap harinya. Kamu punya tips apa? Yuk, share di kolom komentar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s