3 Must Have Skills untuk Galang Donasi buat Pendidikan, LAGI!

Tahun-tahun luar biasa, sudah ketika memutuskan bergabung di Kampus Guru Cikal. Kerja penuh dengan kejutan, menunggu apalagi ya gebrakan baru yang akan diinisiasi untuk pendidikan, cant wait! Salah satunya adalah Temu Pendidik Nusantara ke VI di tahun 2019 ini punya gebrakan baru, ini salah satu obrolan antara Pak Bukik dan Pak Kumar KGB Pemalang terkait mengajak masyarakat luas untuk ikut ambil bagian dengan memberi donasi, akhirnya tahun ini di eksekusi.

Bantu Guru Belajar di TPN 2019

Sesungguhnya, kali ini ingin uji coba relasi dan nyali dengan menjadi penggalang dana di Bantu Guru Belajar di TPN 2019, 3 tahun lalu pernah bikin donasi dan berhasil dengan jumlah yang lumayan. Kalau tahun ini, mau tahu gimana ya respon teman-teman kalau aku ikut penggalangan dana (lagi) dan pendidikan (lagi)?

Belajar dari penggalangan dana sebelumnya, posting di sosial media masih ada di tahap menyadarkan bahwa ada suatu program yang akan berjalan tapi belum banyak menarik orang untuk ikut turun tangan dalam memberikan donasi. Jadi, penggalangan tahun ini tetap menghubungi relasi pribadi, sosial media tetap menjadi media publikasi. Target 3juta dalam waktu sesingkat-singkatnya, alhamdulillah tercapai dalam waktu kurang lebih 3 hari, iya berkat teman-teman baik yang percaya dan menaruh harapan perubahan terhadap pendidikan di Indonesia.

Must Have Skills untuk Galang Donasi buat Pendidikan, LAGI!

  1. Kesungguhan untuk Fokus pada Tujuan. Ketika sudah memilih menjadi penggalang dana yang paling penting untuk dimiliki adalah kesungguhan untuk fokus pada tujuan, tujuan disini adalah mengajak orang lain untuk berkontribusi dan mengambil peran dalam membuat perubahan pendidikan. Tentunya, kita harus paham dana atau program yang akan kita galang akan digunakan untuk siapa atau apa. Tiap penggalangan ada targetnya, untuk mencapai target membutuhkan proses, di tengah proses terkadang merasa tertatih karena belum tercapai, kesungguhan untuk fokus pada tujuan membantu kita semangat dan bahkan membuka pada cara lainnya.
  2. Percaya Diri. Kalau percaya diri bisa dilatih, menjadi penggalang dana adalah salah satu tempat berlatih. Percaya diri untuk meminta uang orang lain, nah loh! Percaya diri untuk menghadapi penolakan. Kalau sharing pengalaman, sesungguhnya meminta uang orang lain itu mudah daripada meminta uang sama orangtua dan ditolak orang gak mau donasi itu lebih enak daripada ditolak gebetan. Untuk booster percaya diri adalah fokus pada tujuan, ditolak balik lagi ke tujuan. Bahkan pengalaman saya menjadi penggalang dana berkata bahwa donatur saya gak cukup satu kali penjelasan, butuh pendekatan dan perawatan relasi jangka panjang.
  3. Menangkap Peluang. Yuk, cek lagi friendlist dari sekolah, komunitas atau tempat kerja, kalau perlu mantan gebetan deh kamu kontak lagi. Kadang kita sibuk mencari keluar ternyata sekitar kita banyak yang bisa diberdayakan. Pintar melihat momen atau situasi di sekitar, ya mengasah kepekaan kita sama sekitar juga.
IMG_1346
Penggalangan Donasi digunakan untuk guru-guru belajar di TPN 2019, 25-27 Oktober 2019

Menjadi penggalang dana perlu dicoba sekali seumur hidup, pengalaman ini menawarkan rasa tak enak saat ditolak tapi memastikan rasa bahagia ketika berhasil menjadi orang yang mengajak orang lain berbuat kebaikan apalagi buat perubahan di pendidikan.

I would like to say thank you for all of my donatur at Bantu Guru Belajar di TPN 2019. Terima kasih untuk kepercayaannya untuk perubahan pendidikan melalui guru-guru penggerak di Komunitas Guru Belajar. Kalian menjadi perantara kebaikan guru-guru untuk melakukan perubahan yang di mulai dari ruang kelas, sekolah dan juga lingkup yang lebih besar. Tuhan balas kebaikan kalian para donatur dan juga teman-teman yang bantu sebar. Terima kasih teman baikku!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s