Pesisir Selatan, Raja Ampat-nya Sumatera!

Saat mendapati bahwa akan bertugas di Pesisir Selatan, saya hanya bersiap untuk makan tidak untuk berwisata. Ternyata, pesona wisata air Pesisir Selatan tak kalah dengan masakan khasnya! Jadi kalau ke Pesisir Selatan mau kemana saja? Mau ngapain aja? Simak cerita berikut ini ya!

Perjalanan dari Bandara Minangkabau menuju Painan, Pesisir Selatan dapat ditempuh dalam kurun waktu 2 sampai 3 jam. Bisa menggunakan Mia Travel atau transportasi hotel tempat menginap, Hannah Syariah Hotel. Mia Travel Rp 20.000 saja loh, kamu bisa merasakan sensasi naik travel dengan angin sepoi juga berbicara dengan penduduk lokal atau transportasi Hannah Syariah Hotel Rp 450.000, kalau kamu bawa barang banyak lebih baik naik transportasi dari hotel, cukup mudah dan bisa stop di spot asik juga kok.

Sesampainya di Hotel Hannah Syariah, kamu bisa langsung istirahat atau jalan-jalan sekitar hotel. Ohya, ini salah satu tempat menginap paling rekomendasi ya di Pesisir Selatan karena melayani antar jemput bandara, pelayanannya cepat, ada cafe dan wifi kenceng dan pastinya aman dan nyenyak selama menginap disini.

  • Pantai Carocok, Painan

Kalau menginap di Hannah Syariah, kamu bisa menyewa sepeda 25rb per jam untuk ke Pantai Carocok, salah satu pantai yang menjadi ikon dari Pesisir Selatan.

Berkisar 15 sampai 20 menit, kamu bisa sampai dengan menggowes cantik. Sesampainya disana, kamu bisa duduk sambil makan jajanan khasnya. Atau dengan membayar 5rb kamu bisa masuk ke area asik menikmati heningnya pantai. Btw, Pantai Carocok adalah tempat asik untuk menikmati senja, buat yang cinta senja yuk kemari!

  • Bukit Langkisau

Aksesnya 15 menit untuk sampai di Puncak Bukit Langkisau dari Hannah Syariah, jalannya menanjak dan ada baiknya bersiap diri jika ingin lari pagi atau sore kesana. Pemandangannya luar biasa! Bisa melihat kota Painan dari ketinggian, pemandangan terapik disini adalah senja.

  • Puncak Mandeh

Naik-naik ke Puncak Mandeh, kelok-kelok sekali!

Btw, Puncak Mandeh sedang dalam proses penyelesaian jalannya loh! Memang apa sih Puncak Mandeh? Nih lihat fotonya ya! Kan, kan, kan. Kamu bisa menikmati indahnya pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan wisata Mandeh. Aku sih jingkrak-jingkrak melihat indahnya pulau-pulau dibawah. Ada beberapa pilihan spot untuk berhenti menikmati Mandeh dari Puncak Mandeh.

Nah, sekarang saatnya bahas Raja Ampat Rasa Sumatera aka Kawasan Wisata Mandeh.

Perjalanan menuju Kawasan Wisata Mandeh dapat ditempuh melalui Dermaga yang berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, estimasi waktu berangkat dari Painan adalah 30 menit. Nah, kalau disini bisa akses paket wisata dengan pihak hotel ya, kisaran harga mulai dari 900rb sampai 2juta dengan variasi tempat wisata. Belum ada pengelolaan maksimal disana, jadi benar-benar natural banget wisata alamnya. Beberapa adalah tempat rekomendasi yang harus dikunjungi:

  • Suwarnadwipa

Suwarnadwipa artinya emas. Mencari emas butuh usaha kan? Sama! Saat menuju pulau ini pun butuh usaha karena ombaknya cukup ganas! Suwarnadwipa termasuk pulau luar dari Kawasan Wisata Mandeh, yang berhadapan dengan Samudera Pasifik. Ciut nyali, tapi pada dasarnya emas. Sesaat mendekati Suwarnadwipa, decakan kagum sudah keluar berapa puluh kali. Wih! Rancaaaaak Bana! Disini bisa snorkeling dan diving juga watersport lainnya, pasirnya cantik banget! Mau nginep? Tenang, sudah ada cottage! Kan, luar biasa kan! Aku sih mau banget kalau disuruh kesini lagi! 2 hari 2 malam cukup sih kayaknya!

Ah, saat itu kami tidak melakukan aktivitas apa-apa selain berjemur, berendam dan menikmati pantai karena memang terpesona! Apalagi saat berjalan di jembatan, kami disambut oleh ikan-ikan dan biota laut yang menari-nari! Kebayang gak sih betapa indah dalam lautnya kalau di permukaan setinggi mata kaki saja sudah terlihat seperti itu. Duh, susah move on deh dari sini!

  • Pulau Pagang

Seperti biasa, duduk santai di pinggir pantai menikmati sorenya Pulau Batu Baganjang. Aktivitas sore ini, kami mengobrol dengan masyarakat yang mengurus cottage disana. Batu Baganjang adalah batu bertingkat, banyak sejarahnya disini. Namun kami harus bergegas pulang karena sudah diingatkan bahwa ombak cukup makin besar.

  • Pulau Sironjong Ketek

Salah satu area yang wajib dikunjungi bagi yang suka menantang adrenalin dengan melompat dari ketinggian dan langsung menyentuh air laut. Aku sih ogaaaaaah! Cekrekin orang aja cukup. Spotnya bagus untuk jumping to the sea!

Dalam perjalanan menikmati Kawasan Wisata Mandeh, kami juga melalui beberapa tempat dan yang paling menyita perhatian adalah Pulau Cubadak, pulau cantik yang memiliki cottage itu nampak terlihat tenang dan sungguh ingin disambangi. Namun, tidak semudah itu Ferguso! Kamu harus tahu bahwa pulau tersebut dikelola oleh WNA, bisa sih kesana dengan membeli paket perjalanan resmi. Ah sedih kan kalo gini.

WhatsApp Image 2018-12-29 at 19.35.02

Semoga bisa segera berkunjung di Kawasan Wisata Mandeh lagi ya! Semoga alamnya tetap terjaga dan tidak dirusak oleh tangan-tangan nakal, jangan jahil ya! Bagiku, Mandeh adalah Raja Ampat-nya Sumatera! Sungguh, indah! Rancaaaak Banaaa lah!

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s