RuBI Makassar: Peran Hebat di Balik Layar


Sesuai dengan janji ditulisan tentang RuBI Makassar, kali ini tulisan aku khususkan untuk salah satu Relawan Dokumentasi yang akrab disapa Om Gendu. Hai Om Gendu!


Berinteraksi langsung dengan Om Gendu saat aku selesai dengan materi hari pertama. “Om, ayo donk ajakin kita jalan-jalan di Makassar.” Bergegas setelah selesai, Atik, Fitri, Yussy, Reni dan aku pun diajak berkeliling dengan Om Gendu. Dan braaaaaaaak, mobil yang sedang dikendarai ditabrak dari kanan. Ekspresi? Shock dan cuma bisa bilang sabar ya om, karena posisinya mobil itu ngebut banget dan nampak terburu-buru terus spion mobil itu patah. Om Gendu sih stay cool and calm, dalam hati deg-degan ya om? 🙈🙈🙈

Meskipun begitu, kita tetep ke benchmark hits di Makassar untuk foto-foto dan waktu itu hujan. Aku sama Kak Reni pun basah-basahan. Dan teteuuuppp, difotoin!

Lanjut diajak makan di Pallu Basa Serigala

Lalu kita ngopi bareng sebelum lanjut untuk sesi kedua esokan harinya. Hari kedua kami diantar ke sekolah dengan Om Gendu lagi dan setelah selesai kami pun langsung bergegas berangkat untuk menikmati hari.


Sore ini kita jalan-jalan lagi, ke Fort Rotterdam dan Kopi Ujung buat beli barang remeh temeh, tetep difotoin! Besoknya hari terakhir ada di Makassar dan akhirnya ada foto bareng Om Gendu!


Karena kami (aku, Kak Yussy dan Kak Fitri) pesawat jam 2 siang, kami memilih untuk pamit lebih dulu untuk menuju bandara.

Dipertengahan jalan menuju Makassar, kami diajak makan coto marros! Legend! Suka banget sama tastenya!
Sebelum masuk bandara, kami diajak ng-es pisang ijo! Mevvah banget!

Sesaat turun, kami ingin berfoto bersama namun karena waktu kami sangat berbatas. Kami gak jadi foto sama Om Gendu. Setelah cerita perjalanan kami yang ditemenin selalu sama Om Gendu, aku mau nulis apa yang ada dipikiranku tentang sosok dokumentator ini.

Om Gendu, dokumentator RuBI Makassar yang domisilinya disana juga, semoga segera dikasih momongan om! Alat andalannya drone dan osmo. Ihya, total abis deh untuk RuBI! Langsung edit saat itu juga, biar bisa langsung naik. Sampai sekarang pun, masih dalam proses editing kan? Haha.

Dibalik kegiatan kerelawanan, banyak yang hanya mengenal Relawan Narasumber atau yang ada di garis depan padahal ada peran hebat di balik layar, salah satunya Tim Dokumentasi. Modalnya lumayan kalau dari harga, barang-barangnya bisa dibeliin motor satu unit. Disisi lain, setiap momen yang diambil pun butuh perjuangan dan pasti ada tekniknya (yang hanya mereka yang tahu). Tak sampai disitu, memilih kemudian menggabungnya menjadi satu kesatuan cerita pun butuh proses dan waktu lagi. Karyanya pun digunakan sebagai alat publikasi untuk menarik orang-orang ikut dalam kegiatan kerelawanan selanjutnya. Nah, bisa cek disini untuk lihat momen seru saat berlangsungnya RuBI Makassar dari Om Gendu!

Aku bersyukur banget bisa kenal sama orang baik ini, gimana gak baik ya (RuBI kan selalu berisi orang-orang baik). Om Gendu kan relawan, sama kayak aku dan teman-teman lain juga tapi Om Gendu punya hospitality-nya exellence banget! How to treat others people, a new comer to his place. Buat orang berkesan itu hal yang mudah untuk dilakukan, what comes from the heart touches the heart and treat people like you wanna treat. Thank you Om Gendu! I learn something new again from Ruang Berbagi Ilmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s