Bukit Besar – Lahat

Perjalanan hari itu aku awali dengan menunggu di Prabumulih, mereka berangkat dini hari dari Palembang. Setelah menjemputku, kami bergegas menuju Lahat. Perjalanan mendaki atau bisa dibilang nanjak ringan ini aku bersama Kak Danu (Panlok Kelas Inspirasi Musi Banyuasin 2015), Bunda Dhia dan dua couple yang semoga akan segera halal. Aamin.

Ini pos pertama, ada es teh. Akhirnya, setelah menempuh jalan cor yang menurutku lebih melelahkan karena membuat langkah kita statis menanjak.
1604
Perjalanan dimulai diterik siang, jam 2 siang mulai agak berdebar mau nanjak santai.
1620
Dimana jalur mulai agak menantang.
1634
Jalur paling melelahkan, nanjak ke atas dengan pasir dan hanya ada pegangan kawat. Baju basah semua karena keringat.
1638
Jangan percaya kalo lagi nanjak dengan jawaban, Sebentar Lagi Kita Sampai. Jangan! Haha :’)
Taraaaaa, kita sampai disini. 1700 MDPL
1666
Matahari terbenam, asik pake banget deh.
Agak sedikit cerita, disini kita pasang tenda agak kebawah karena mau masang hammock.
Tidak ada matahari pagi hari ini, semalam hujan deras melanda disertai angin sekitar 2-3 jam. Tenda pun banjir bahkan kami tidur dengan memakai jas hujan. Diluar banyak teman-teman yang meninggalkan tenda diatas dan memilih kebawah karena cuaca cukup membuat deg-degan.
Jam 12 siang, kami sudah turun dan mencuci tangan sesaat sambil menikmati dinginnya air.

Well, setiap mau mendaki harus ada persiapan khususnya alat tempur yakni sepatu dan pakaian. Kalau ada rencana menginap, harus disiapkan dan cek kembali sehari sebelum berangkat. Konsumsi, bawa secukupnya dan ingat disana tidak ada kamar mandi loh. Persiapan fisik juga perlu, jangan membuat diri sendiri dalam keadaan terancam karena mendaki dalam keadaan tidak sehat. Bawalah sampah turun. Jangan ngaku anak gunung kalau sampah masih ditinggal diatas. Hal paling menarik adalah ketika beberapa ibu naik keatas dengan mengendong barang dagangan untuk dijual diatas. Buat aku bersyukur atas keadaan yang diberikan Tuhan untukku. Ah, naik gunung sudah nih, naik pelaminan sama kamu yang belum. HAHA!