Festival Krakatau 2014

690064_20140806081230

Festival Krakatau adalah salah satu event yang dimiliki oleh Provinsi Lampung, perhelatan rutin yang dilaksanakan sejak tahun 1990 ini menampilkan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Lampung dan juga sekaligus mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh Lampung. Tahun ini acara Festival Krakatau berbeda dengan acara sebelumnya, yang mencolok perbedaannya adalah melibatkan berbagai kalangan untuk dapat berpartisipasi dalam salah satu rangkaian festival yakni, Tour Krakatau. Berikut ini rangkaian acara Festival Krakatau 2014.

Pameran Seni Rupa di Pasar Seni Enggal pada 24-28 Agustus 2014 dimana akan memamerkan karya seni rupa dari seniman dan perupa asal Lampung. Pada 25-26 Agustus 2014 di tempat yang sama akan ada pembacaan Puisi Syair ”Lampung Karam” oleh Seniman Lampung diiringi Komunitas Seribu Bulan.

Pada 27 – 28 Agustus 2014 bertempat di Menara Siger Bakauheni digelar kegiatan Jelajah Menara Siger dan Pulau Rimau Balak. Peserta akan melakukan kegiatan Fun Bike menjelajahi rute Menara Siger sampai dengan Pulau Rimau Balak. Acara serupa sehari berikutnya pada 29 Agustus 2014 akan ada Fam Trip ke Teluk Kiluan.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Lampung maka akan ada Krakatau Fun Diving pada 29-31 Agustus 2014 dengan lokasi di Kalianda, Lampung Selatan. Kegiatan ini melibatkan Komunitas Selam dan Snorkeling dari Lampung dan luar Lampung.

Kegiatan utama dari Festival Krakatau sendiri akan menghadirkan Tour Krakatau pada Sabtu 30 Agustus 2014 dengan mengambil lokasi mula dari Bakauheni Lampung Selatan. Kegiatan ini berupa tur mengelilingi Gunung Anak Krakatau dengan kapal laut. Pesertanya adalah tamu undangan (duta besar, tur operator, investor) serta masyarakat umum bagi siapa saja yang sudah melakukan pendaftaran melalui email dan terdapat 150 free tiket untuk tour Krakatau.

Ada juga kegiatan Krakatau Night pada Sabtu, 30 Agustus 2014 dengan lokasi di Kalianda Lampung Selatan. Acaranya berupa jamuan makan malam bagi undangan VVIP dengan hiburan pertunjukkan musik dan tari, sekaligus acara interaktif antara pelaku industri pariwisata Lampung dengan duta besar, tur operator dan investor.

Sehari berikutnya Carnaval The Legends and Glories of Lampung Culture akan dihelat pada 31 Agustus 2014. Acaranya ini menyuguhkan parade kekayaan budaya Lampung dan Kreasi Tapis Fantasi. Lokasi acaranya di Kalianda Lampung Selatan.

Saya termasuk 1 dari 150 peserta yang beruntung mendapatkan tiket Tour Krakatau, dengan menukarkan kode registrasi yang didapatkan melalui e-mail pendaftaran ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung. Perjalanan  kami tempuh menggunakan bus yang telah disediakan panitia di meeting point di Lapangan Gubernur Provinsi Lampung menuju Dermaga Bom, Kalianda Lampung Selatan sekitar 2 jam karena jalanan sedang padat.

PHTO0078.JPG
Suasana Salah Satu Bus Peserta

Sesampainya di dermaga, kami menaiki kapal-kapal yang telah disediakan dan sekitar tiga jam untuk menuju Gunung Anak Krakatau. Adrenalin cukup naik, karena jujur pertama kalinya naik kapal tanpa kebagian pelampung dan dengan angin yang lumayan kencang dan ombak yang agak besar. Disini perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk acara selanjutnya, meminimalisir hal-hal yang diluar rencana terjadi.

PHTO0097.JPG
Masya Allah, ini nikmat tiada tanding.

Sesampainya disana, Gunung Anak Krakatau kami disambut oleh masyarakat sekitar dan bersiap menuju pendakian. Akhirnya tersampaikan juga mimpi mendaki gunung dan kali pertama di tanah kelahiran tercinta, Provinsi Lampung. Hal yang sangat disayangkan adalah pendakian dilakukan saat matahari lagi tertawa tepat jam 12 siang, disarankan karena jarak tempuh menuju gunung jauh dan memakan waktu, pemberangkatan bisa lebih awal. Dan kami sungguhi atraksi paralayang. What a beautiful view!

PHTO0109.JPG
Dan Indonesia Sungguh Indah !

 

Semoga Festival Krakatau selanjutnya dapat lebih baik dan dikemas lagi secara apik serta menjadikan Lampung sebagai salah satu kota destinasi wisata dengan berbagai kekayaan budaya dan alamnya.

PHTO0105.JPG
Tour Krakatau, sisa satu foto ini yang lainnya hilang dimakan virus :’)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s